ANALISIS SISTEM INFORMASO PEMBAYARAN BP - 3
SMA 7 MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Pada penelitian studi kasus tentang
sistem pembayaran BP-3 di SMA 7 Muhammadiyah Yogyakarta penulis menemukan
beberapa masalah antara lain :
- Kurangnya keefektifitasan dalam penanganan antrian karena pendataan siswa yang akan melakukan transaksi pembayaran masih menggunakan cara manual.
- Kurangnya keefektifitasan dalam penanganan pekerjaan atau tugas admin.
- Proses pembayaran tidak ditangani langsung oleh sistem.
- Sistem tidak dapat menghasilkan kwitansi pembayaran yang dibutuhkan beberapa siswa sebagai bukti pembayaran.
- Sistem tidak dapat menghasilkan informasi dan laporan tunggakan.
Analisis
Kelemahan Sistem :
- Analisis kinerja
Sistem Lama : Proses
pembayaran yang masih manual berpotensi menimbulkan kesalahan dalam pemrosesan
data dan juga memakan banyak waktu.
Sistem Baru : Diharapkan
sistem dapat melakukan proses pembayaran sehingga dapat mengurangi kesalahan
dan mempersingkat waktu pekerjaan.
- Analisis Informasi
Sistem Lama : Informasi
yang telah tersimpan pada sistem namun masih terjadi penumpukan data, sehingga
user sulit untuk mengetahui berapa jumlah transaksi di hari itu.
Sistem Baru : Diharapkan
sistem dapat menjumlah berapa banyak transaksi yang terjadi pada hari itu.
Selain itu dapat menampilkan informasi yang akurat dan jelas.
- Analisis pengendalian
Sistem Lama : @ Sistem tidak memberikan
control ketika siswa melakukan keterlambatan pembayaran.
@ Admin tidak mampu mengontrol
kesalahan dan mengoreksi informasi karena terlalu banyak penumpukan data.
Sistem Baru :
@ Diharapkan sistem dapat memberikan
control terhadap pembayaran yang tepat waktu maupun yang terlambat.
@ Diharapkan sistem mampu mengontrol
informasi yang dibutuhkan sehingga admin dapat mengoreksi transaksi pembayaran
yang belum atau sudah terjadi.
- Analisis Efisiensi
Sistem Lama : Penggunaan
kalkulator masih dilakukan walaupun sistem sudah merekam setiap transaksi, hal
ini menunjukkan kurangnya efisiensi terhadap kinerja sistem.
Sistem Baru : Diharapkan dengan adanya
pengembangan sistem ini dapat meningkatkan keefisienan sistem dengan
menyediakan fitur perhitungan otomatis.
- Analisis Pelayanan
Sistem Lama : Pelayanan
pembayaran belum berjalan teratur, untuk melayani satu siswa dibutuhkan waktu 4
sampai 6 menit.
Sistem Baru : Diharapkan pelayanan lebih
teratur sehingga cukup dalam waktu kurang dari 4 menit transaksi pembayaran
selesai.
NAMA
ANGGOTA KELOMPOK
1. Suhendrah
- NIM : 3105111439
- BLOG : http://colleger-it.blogspot.com/
2. Imam Arifin
- NIM : 3105111420
- BLOG : http://sapaimam.blogspot.com/
3. Triyanto
- NIM : 3105111411
- BLOG : http://triyango.blogspot.com/
4. Exsan Bokhori
- NIM : 3105111405
- BLOG : http://exbuk.blogspot.com/
5. Sudarman
- NIM : 3095111239
- BLOG : http://superm2n.wordpress.com/
0 komentar:
:f: :g: :h: :i: :j:
:k: :l: :m: :n: :o:
:p: :q: :r: :s: :t:
:u: :v: :w: :x: :y:
:z: :1: :2: :3: :4:
:5: :6: :7: :8: :9:
:10: :11: :12: :13: :14: